Senin, 11 April 2016

Peranan masinis dan teknisi dalam kerta api

Masinis adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan kereta api. Kata "masinis" berasal dari bahasa Belanda machinistyang sebenarnya berarti juru mesin. Disebut masinis karena pada awalnya juru mesinlah yang menjalankan kereta api. Masinis bertanggung jawab untuk mempercepat, memperlambat atau menghentikan kereta api mengikuti/mematuhi sinyal kereta api, semboyan dan menjamin keselamatan kereta api yang dijalankannya sehingga dapat dikatakan masinis adalah kepala perjalanan.
Hal ini dikarenakan, pada masa awal perkerta apian dunia, juru mesinlah yang bertugas untuk menjalankan rangkaian lokomotif. Pada masa-masa awal, belum ada kereta api seperti yang ada sekarng ini, kereta dengan menggunakan mesin diesel ataupun listrik. Yang ada hanyalah lokomotif uap dimana tugas dari masinis adalah mengatur suhu tungku, menjaga api, serta mengisi air dll. Dengan perkembangan tekhnologi perkereta apian, tugas masinis tidaklah seberat seperti masa awal perkereta apian. Dengan ditemukannya tekhnologi diesel dan listrik, maka tugas masinispun hanya sebatas tanggung jawab menjaga keselamatan penumpang dan rangkaian kereta api. Hal ni berkaitan langsung dalam perngoprasian kereta api seperti, menjalankannya, mengerem, berhenti, berjalan perlahan, mematuhi rambu-rambu/semboyan kereta api. 

Nah, untuk menjadi seorang masinis itu tidaklah yang semudah kita bayangkan sobat. Karena untuk mengemban tugas dan posisi yang stategis (berkaitan langsung dengan aset perusahaan dan juga keselamatan jiwa para penumpang) maka ada beberapa tahapan dan seleksi yang dilakukan oleh PT KAI. Biasanya seorang yang telah dinyatakan lulus sebagai masinis tidaklah langsung diperbolehkan menjadi masinis itu sendiri, tapi harus masih menjadi asisten masinis. Pendidikan masinis dilaksanakan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) di Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo Yogyakarta. Kurikulum pendidikan masinis mencakup: Dasar Kewiraan, Kursus Pra Jabatan, Pengenalan lapangan, Pendidikan dan pelatihan teknis fungsional serta praktik lapangan dan proses magang. 

Salah satu integritas yang tinggi sebagai masinis telah ditunjukkan oleh para kru Commuter line yang mengalami kecelakaan di Bintari akhir tahun 2013 lalu. Bagaimana tidak, dengan tanggung jawab yang tinggi mereka tetap berada di kabin masinis untuk menahan laju kereta dan menyuruh para penumpang yang ada di gerbong satu untuk mundur hingga ke gerbong ketiga (saya selalu terharu membaca cerita dan dedikasi mereka sebagai masinis)Masinis Pemimpin perjalanan. Ruang kerjanya adalah lokomotif, berada di paling depan rangkaian kereta. Beliaulah sang penggerak kereta yang mengantarkan kita ke tempat tujuan. Sebelum kereta diberangkatkan, masinis wajib mengetes agar seluruh fungsi kendali di lokomotif  dapat berfungsi dengan baik.

Teknisi Kereta Para teknisi kereta beraksi sebelum kereta diberangkatkan. Semua bagian yang berfungsi menjalankan kereta diperiksa, mulai dari suhu ban, kepakeman rem, genset, hingga berfungsi atau tidaknya seluruh rangkaian kelistrikan di dalam kereta. Tidak satu pun baut kereta yang boleh luput dari pandangan mereka.

TKA atau Teknisi Kereta Api adalah kruw KA yg berada didalam KA dalam urusan perka yg melakukan pengecekan,pengontrolan,pengawasan terhadap KA yg sedang di awakinya.dalam awak KA yg menjalankan urusan perka biasanya terdiri dari 2orng,kadang juga lebih.tergantung kebutuhan.Dulunya ce namanya bukan TKA,melainkan PLKA dan R.AC,kalau PLKA adalah sebagai pelayan kereta api yg bertugas melayani peumpang KA dan mengawasi rangka bawah/mekanik rangkaian KA,sedangkan R.AC sebagai operator genset dan perangkat2nya seperti penerangan,kipas,pesawat ac,dll yg berhubungan dg listrik.

Namun PLKA dan R.AC kini bermetamorfosis menjadi TKA,tugas TKA sendiri sangatlah vital,namun jarang dikenal oleh masyarakat luar.

sumber :
https://ambardanarum.wordpress.com/2013/09/30/di-balik-kereta-api/
http://tridioke.blogspot.co.id/2012/07/teknisi-kereta-api.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Masinis
http://www.dipomojosari.com/2014/01/tugas-dan-dedikasi-seorang-masinis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar